Buah-buahan dan sayuran memiliki warna yang berbeda-beda. Pigmen atau warna pada setiap buah dan sayuran tersebut menunjukkan kandungan gizi didalamnya. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran berdasarkan warnanya.

http://chaniviyatieva.blogspot.co.id

1.Hijau Warna hijau biasanya dimiliki oleh kelompok sayuran. Warna hijau terbentuk karena zat klorofil. Klorofil ini mengandung banyak vitamin dan mineral terutama vitamin C6 dan juga berfungsi sebagai zat anti kanker. Semakin hijau warna sayuran, semakin banyak vitamin C6nya. Sayuran hijau ini antara lain ; bayam, brokoli, kangkung, daun katuk dll dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

2.Merah Warna merah selalu didapatkan pada buah-buahan. Warna merah pada buah-buahan mengandung Zat likopen dan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kanker, penyakit jantung dan penuaan dini (premature aging). Zat likopen bisanya didapatkan pada tomat dan semangka dan tidak berkurang kandungan gizinya jika dipanaskan. Sedangkan antosianin terdapat pada strawberry, rasberry, dan cranberry.

3.Orange/jingga Buah dan sayuran yang berwarna merah/jingga mengandung senyawa beta dan alfa karoten yang berfungsi sebagai antikanker. Senyawa beta dan alfa karoten mudah larut dalam minyak, sehingga penyerapan ke dalam tubuh semakin meningkat jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak. Buah dan sayuran yang mengandung senyawa beta dan alfa karotendiantaranya ; wortel, aprikot, ubi jalar, mangga, melon jingga.

4. Biru/Ungu Buah dan sayuran ini mengandung antosianin yaitu antioksidan yang bermanfaat mencegah penyakit jandung dan penuaan dini(premature aging). Buah dan sayuran yang berwarna ungu ini jika dibekukan, dibakar.dipanggang tidak akan mengurangi zat antosianin yang didalamnya. Anggur, terung dan blackberry adalah buah dan sayuran yang berwarna ungu.

Sumber: http://www.kompasiana.com