Mau Pindahan Rumah? Yuk Atasi Keribetannya Dengan ini!!

Harga rumah dan apartemen dijual yang semakin tinggi turut mempengaruhi nilai jual dan kontrakan murah yang ada di kawasan sekitarnya. Namun hal ini tidak lantas menjadi halanagan dan kendala begi masyarakat untuk membeli rumah. Dengan adanya program KPR dan rumah bersubsidi kini membeli rumah menjaid hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit masyarakat yang sudah memiliki dan membeli rumah pada tahun ini. Mereka tentu tidak sabar untuk segera menempati tempat tinggal baru yang baru saja mereka miliki.

Proses pindahan rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, tidak sedikit orang tidak siap untuk biaya-biaya yang akan muncul untuk pindah rumah, seperti biaya truk untuk pindahan dan membeli box untuk mengemas barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru. Selain hal-hal tersebut, ada banyak persiapan dan proses yang harus dilewati ketika membeli dan pindah ke rumah baru. Bagi mereka yang sudah pernah mengalaminya, mungkin tidak begitu memusingkan kepala. Namun tetap saja terbayang bagaimana merepotkannya melakukan setiap langkahnya mulai dari membuat rencana, mengepak hingga proses pindahan dan beres – beres di rumah baru.

Siapkan rencana dengan matang

Merencanakan jadwal pindahan dan apa saja yang harus dibawa untuk pindah rumah dengan baik akan membantu kamu mengidentifikasi biaya apa saja yang perlu dikeluarkan dan biaya apa saja yang bisa dihemat. Ketika kamu mengetahui apa saja keperluan yang dibutuhkan saat pindahan rumah, tentu akan membantu uang kamu dapat dialokasikan secara bijak untuk urusan pindah rumah. Tukar pikiran dan diskusikan untuk mematangkan rencana pindahan ini bersama keluarga atau teman. Bila sudah mengetahui kepastian tanggal kepindahan, mulailah mencicil pengepakan barang-barang.

Beli kardus atau kotak bekas

Ketika mengemas barang dan perabotan rumah yang akan diangkut ke rumah baru, kamu tentu membutuhkan banyak kotak kemasan dalam bermacam ukuran. Coba datang ke mini market terdekat untuk mendapatkan harga kotak kemasan yang lebih murah dengan memakai kotak kemasan bekas, malah kamu bisa mendapatkannya secara  gratis, bila kamu pintar melakukan negosiasi. Manfaatkan benda – benda lembut seperti Koran, handuk, seprai, selimut untuk melindungi barang pecah-belah saat pindah rumah. Hal ini lebih murah dan hemat dibandingkan harus membeli bubble wrap.

Manfaatkan tenaga kawan dan kerabat dekat

Kota-kota besar menyediakan jasa pindahan rumah profesional yang bisa kamu hubungi kapan saja untuk membantu orang-orang yang berencana pindah rumah dalam waktu dekat. Namun, dibandingkan harus membayar jasa profesional ini per hari, dan mengeluarkan beberapa rupiah yang dapat menguras kantong kamu, lebih baik minta bantuan teman atau saudara untuk membantu mengemas barang-barang pindahan kamu. Setelah proses pindahan rumah selesai, berikan mereka penghargaan karena telah membantumu untuk pindah rumah. Kamu bisa menghargai mereka dengan memberikan makanan atau hiburan lainnya. Mereka akan merasa senang dan dihargai usaha yang telah mereka lakukan.

Jual benda – benda yang sudah tak terpakai

Lakukan hal ini untuk mengjemat setiap ruang bagasi mobil atau kendaraan angkut yang akan membawa barang pindahan.. Iklankan barang bekas yang ingin kamu jual di situs jual beli online, sehingga bila barang bekas ini laku, kamu bisa mendapatkan uang tambahan. Atau bisa juga berikan barang-barang bekas, seperti pakaian dan buku ke teman-teman atau kerabat dekat kamu. Lakukan penjualan barang bekas ini setidaknya 3-4 bulan sebelum kepindahan. Uang yang kamu dapatkan tersebut bisa kamu manfaatkan kembali untuk keperluan dan kebutuhanmu saat di rumah baru. Misalnya untuk membeli alat kebersihan baru atau bahkan membeli furniture dan perabotan baru yang terkini.

Catat dan buat daftar barang bawaan

Periksa kembali semua barang yang ada di seluruh sudut rumah kamu. Prioritaskan barang-barang esensial yang membantu kinerja kamu untuk dikemas lebih dahulu. Beri label khusus dalam setiap kotak, sehingga akan memudahkan kamu saat membongkar dan menyusunnya kembali di tempat tinggal baru kamu. Misalnya, memberi label berdasarkan jenis ruangan, seperti Kamar Tidur 1, Kamar Tidur 2, Ruang Keluarga, Ruang Makan, Dapur, dan lain-lain. Tulis barang bawaan yang termasuk ke dalam paket jenis ruangan tersebut, sehingga saat kamu membongkar kembali di rumah baru, kamu bisa mengeceknya kembali apabila ada yang kurang. Catatan ini akan membantu kamu untuk mengeceksemua barang apakah sudah dibawa ke rumah baru atau belum.

Bagaimana tips yang dijelaskan diatas ? meskipun ini merupakan pertama kalinya kamu melakukan pindahan rumah. Semua langkah dan prosesnya menjadi lebih baik ketika kamu sudah memahami hal – hal yang disebutkan diatas. Tidak aka nada halangan lagi bagi kamu untuk segera pindah dan memiliki tempat tinggal baru. Harga rumah dan apartemen dijual nyatanya tidak merubah pandangan masyarajat untuk tetap memiliki keinginan membeli rumah idaman.